Cara Jitu Mengatasi Permasalahan Pada Scanner Tidak Terdeteksi

Cara Jitu Mengatasi Permasalahan Scanner Tidak Terdeteksi

Cara Jitu Mengatasi Permasalahan Pada Scanner Tidak Terdeteksi
Cara Jitu Mengatasi Permasalahan Pada Scanner Tidak Terdeteksi
Sebelum Menuju Permasalahan Pada Scanner dan Solusinya terlebih dahulu sobat tahu maksud dari scanner itu sendiri. scanner adalah perangkat keras yang berfungsi untuk membuat dokumen fisik, baik gambar atau sejesninya. yang dapat di save dalam berbagai bentuk file seperti file pdf, file jpg, dan sebagainya.
Bahkan sekarang sudah kita ketahui dengan kecanggihan teknologi scanner sudah menyatu dengan printer, baik pada printer scan canon, printer scan epson, dan printer scan hp. sebagi contoh printer canon mx497 yang dilengkapi dengan print dokumen. scan dan fotocopy. jika sobat memiliki printer cnaon mx497 dan belum tahu petunjuk menggunakan printer canon mx497. tidak usah hawatir silahkan sobat baca :
Pada era teknologi ini scanner sudah dikenal oleh banyak kalangan dan dimanfaatkan untuk keperluan berbagai instansi dan bahkan ditoko-toko percetakan, untuk menjadikan dokumen berbentuk file yang dapat dikirim dengan berbagai bantuan teknologi dan aplikasi seperti via email, handphone, facebook, twitter dan sejenisnya. tapi masih banyak dari pengguna kesulitan untuk mencari cara menyelesaikan masalah scaner yang tidak berfungsi.
Dengan semakin dibutuhkannya scanner dalam aktifitas perkantoran dan percetakan, makan maka permasalahan dan eror scaner yang terjadi  tentu membuat ketakutan dan tubuh sobat berkeringat karena tidak tau solusi dalam menyelesaikan masalah scanner yang tidak terdeteksi oleh monitor.

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini admin jalan-merdeka.blogspot.com akan memberikan informasi Cara Mengatasi Permasalahan Pada Scanner Tidak Terdeteksi Komputer dan laptop.

1. Driver Scanner Kurang Maksimal Ketika di Instal

Seperti yang kita ketahui "DRIVER" baik driver printer maupun driver scanner menjadi salah satu masalah utama dalam perangkat keras. yang berfungsi sebagai alat memperkenalkan perangkat keras pada operasi atau windows.

Masalah ini juga sering terjadi pada printer yang tidak scan diakibatakan driver yang diinstal kurang maksimal. 

Bagaimana  cara perbaiki scanner canon. yang perlu sobat ingat adalah ketika menginstal driver usahakan dalam mendwonload driver pada situs resmi yang sesui dengan perangkat keras sobat. dan sebelim instal driver silahkan dicek semua keperluan atau peralatan. solusi ini juga bisa untuk mengatasi mengatasi printer tidak bisa scan.
2.  Lock or Locked scanner ( Scanner Terkunci

Disini sering terjadi bagi pengguna yang belum terlalu pahan pada scanner ( newbe) jika scanner sobat tidak terdeteksi silahkan sobat periksa apakah scanner dalam keadaan terkunci ( loked or locked ). karena ketika scanner terkunci maka tidak dapat dioperasikan. 

Kenapa scanner dikunci. ini semata-mata untuk mencegah tangan yang tidak bertanggung jawab atas fungsi atau kegunaan scanner itu sendiri. ada beberapa type atau merek scanner yang memiliki tombol kunci atau locked yang akan admin jalan-merdeka.blogspot.com berikan antara lain : Canon type canoscan D464U ex, Canon type canoscan LiDe 20. Canon type canoscan 3000 ex, Canon type canoscan LiD 210, Canon type canoscan LiDe 100, Canon type canoscan LiDe 200, Canon type canoscan LiDe 110. Biasanya kunci/locked scanner type diatas terdapat pada bagian bawah scanner.

3. Driver scanner corrupot atau kena virus

Biasanya scanner tidak terdeteksi disebabkan karena driver yang sudah diinstal terkadanag corrupot atau terkena virus oleh karena itu perlu dilakukan uninstal driver kemudian diinstal kembali. Kenapa demikian ini semata-mata untuk memeriksa masalah pada driver scanner sobat. namun yang perlu sobat inget adalah pastikan restar komputer atau laptop sebelum melakukan penginstalan driver scanner supanya hasil instalan optimal atau maksimal.
4. Gangguan pada kabel data USB.

Ketika scanner yang sobat gunakan tidak terdeteksi biasanya hal yang sering terjadi adalah pada sambungan kabel data USB scanner bisa saja rusak atau yang lainnya.

solusinya scanner tidak terdeteksi disebabkan kabel data USB ini adalah dengan mengganti kabel data USB dengan yang lain. ini bertujuan untuk membuktikan apakah kabel data USB scanner sobat memang rusak atau tidak.

Karena biasanya tidak terdeteksinya perangkat lunak diakibatkan oleh kabel data USB yang kemungkinan terputus pada bagian dalam pelindung. kabel data USB scanner biasanaya sama dengan kabel data USB printer jika sobat memiliki printer silahkan dicoba pada scannernya.

5. Kesalahan pada USB port

USB port berfungsi untuk menghubungkan scanner dengan monitor dalam keadaan normal atau bahkan rusak, karena kemungkinan scanner tidak terdeteksi saat kabel datanya dihubungkan pada salah satau USB port. namun sebaliknya terdeteksi jika dihubungkan pada USB port yang lain. cara mengatasi cannot communicate with the scanner
Solusi untuk masalah ini dengan memindahkan sambungan kabel USB port yang ada ke yang lian. jika sobat menghubungkan kabel data scanner ke terminal USB, cobalah untuk menghubungkan kabel USB scanner langsung ke USB port komputer atau laptop ( USB port buit_in pada motherboard ) karena kemungkinan koneksi pada USB sebelumnya tidak setabil yang membuat scanner tidak terdeteksi komputer atau laptop.

6.  Masalah scanner dengan komputer

Jika Tips dan trik mengatasi scaner tidak terdeteksi diatas masih belum menyelesaikan masalah sobat,  silahkan sobat menghubungkan scanner dengan komputer lain. untuk bertujuan memeriksa apakah kondisi scanner memang masih dapat digunakan atau tidak layak lagi.

Namun masih tidka terdeteksi juga meski sudah dihubungkan dengan komputer yang lain, kemungkinan ada masalah pada scanner silahkan sobat priksa chip "chipest" yang bertanggung jawab atas koneksi scanner terhadapa komputer dan laptop. letaknya biasanaya tidak jauh dari USB port pada board "PCB" scanner.
Untuk mengatasi masalah ini dibutuhkan keahlian khusus untuk mencabut chip dari board dan menggantinya dengan yang baru atau mengganti boardnya dengan sesuai type scanner supaya scanner dapat terdeteksi.

Demikian Cara Jitu Mengatasi Permasalahan Pada Scanner Tidak Terdeteksi yang admin jalan-merdeka.blogspot.com bagikan. semoga salah satu dari tips dan triks mengatasi masalah pada scanner tidak terdeteksi dapat membantu menyelesaikan masalah scanner tidak berfungsi, cara mengatasi printer yang tidka bisa scan dan cara memperbaiki scanner bercode. Terimakasih sudah berkunjung "Semoga Berhasil"

2 Responses to "Cara Jitu Mengatasi Permasalahan Pada Scanner Tidak Terdeteksi"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel